Rabu, 06 Oktober 2010

Analisa Rangkaian SMPS (Switch Mode Power Supply)


Dari Block diatas. Dapat kita simpulkan Rangkaian SMPS secara simplenya terdiri dari :

1. Input Voltage
2. ON/OFF (Enable)
3. Switching Output
4. Oscillator (Baik Internal dlm SMPS maupun External)
5. Coil Inductor L1
6. Feedback



1. Input Voltage


Pada Ponsel, biasanya Input Voltage ini diambil dari VBAT (3,6V - 4 V) sebagai sumber teg. yg mau diolah ,menajdi Output Switching (VCORE)

Mengukurnya mudah saja. Ukur ada 4V ya beres berarti sumber nya sdh ada, jika tdk ada ya jumper ke VBAT

2. ON/OFF
3. SWITCHING OUTPUT
4. OSCILLATOR
5. COIL Inductor L1



Teg. Input yg masuk akan diolah oleh internal Regulator dalam SMPS, biasanya pada SMPS VCORE, teg. ini akan distep down jadi berkisar 1 V. Sedangkan pada LED Driver akan distep up menjadi diatas VBAT berkisar 14V - 18V

Dari Internal Regulator didalam SMPS akan dikirim menuju kaki Collector Transistor NPN didalam SMPS. Akan di buang menuju kaki Emitor dan menghasilkan Output Switching. Pada kaki Basis Transistor awalnya tdp teg. Bias Reference 1,23 V dari internal SMPS agar Teg. Dari kaki Collector mulus mengalir menuju Emitor, sehingga menghasilkan Output Switching (VCORE).

Dibutuhkan juga Coil L1 sbg Inductor nya. Boost Up. Agar teg. output 1 v td menjadi sesuai yaitu 1,4.

Pada LED Driver, tanpa Coil, maka akan menghasilkan hanya Teg. VBat saja 4 V, namun jika coil sdh terhubung, teg. akan melonjak menjadi VLED 14V-18V.

Nah Internal Regulator ini akan bekerja jika ada teg. Perintah dari komponen lain yg mengenablekannya. Jika tdk ada teg. ON/OFF Enable ini maka tdk akan ada output dari Regulator tsb.
Jadi fungsi On Off ini sbg trigger/saklar nya, juga sbg pemutus arus keluaran SMPS guna menghemat daya saat output switching tdk dibutuhkan. Jika tdk ada ON/OFF ini, jelas SMPS akan bekerja terus walaupun HP sdg dlm keadaan mati.

SMPS ini juga membutuhkan Clock Oscillator sbg syarat kerjanya. Dalam Block diatas Oscillator tdp dlm Internal SMPS itu. Ada pula yg dari External spt Clk600 Khz dari TAHVO tadi.

6. Feed Back

Setelah Output Switching keluar, maka informasi mengenai output ini diperlukan kembali oleh SMPS tsb. utk menganalisa apakah output sdh keluar dgn benar, tegangan/arusnya sdh benar.

Maka akan dikirim FeedBack menuju SMPS kembali. Didalamnya terjadi Proses Amplifier & Koreksi serta perbandingan antara Teg. Bias Reference tadi.

Selanjutnya teg. Feedback yg masuk dan Teg. Referensi Internal SMPS tadi akan di Reset.
Selanjutnya ada bagian Thermal Proteksi, sbg sekring apabila komponen SMPS panas akibat short maka akan shutdown sendiri, Juga ada Current Limit sbg Pembatas arus yg keluar.

Barulah feedback in akan menjadi Teg. Bias Pengontrol utk NPN Transistor tadi dalam hal mengontrol keluaran Output dari SMPS.

Pada SMPS LED Driver, biasanya jalur FB ini putus, lampu LED tdk menyala. kita jumper FB ke GND, maka LED akan kembali menyala, tanpa kontrol. Jadi tdk ada tahap2 keredupannya. Namun mati/hidupnya LED tetap bekerja karena jalur ENABLE/ON/OFF masih ada & terpisah..

Jadi intinya Feedback ini sbg laporan hasil output guna mengontrol agar output selalu stabil & dan dapat diatur besar kecilnya output.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar